Senin, 02 Juli 2018

RPP Matematika Kelas X Wajib Semester 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :  SMA
Mata Pelajaran         :  Matematika-Wajib
Kelas/Semester        :  X/1
Materi Pokok           :  Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
Waktu                      :  16 × 45 menit

A.     Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator :
1.1.       Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.1         Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.2         Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli  lingkungan
3.1.       Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan    karakteristikpermasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
3.1.1.    Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
3.1.2.    Mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
3.1.3.    Melakukan operasi aljabar bentuk pangkat
3.1.4.    Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya
3.1.5.    Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
3.1.6.    Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
3.1.7.    Mengubah bentuk pangkat kedalam bentuk logaritma
3.1.8.    Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
4.1     Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
4.11.        Menggunakan sifat-sifat logaritma dalam menyelesaikan persamaan logaritma
4.12.        Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen dan logaritma) dengan bilangan pokok yang sama.



C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.             Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
2.             Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

D.   Materi  Pembelajaran :
Materi Pokok        : Eksponen, Bentuk Akar dan Logaritma
Materi Prasyarat    : Himpunan Bilangan dan Bilangan Berpangkat.

Fakta
1.     Masalah kontekstual yg berkaitan dengan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma (Jarak antar planet, kecepatan cahaya, pembelahan diri suatu bakteri,dll)
2.     Notasi penulisan tentang bilangan berpangkat
3.     Notasi penulisan tentang bilangan bentuk akar
4.     Notasi penulisan tentang bilangan logaritma

Konsep
1.     Sifat-sifat operasi bilangan pangkat
2.     Sifat-sifat operasi bilangan akar
3.     Sifat-sifat  operasi bilangan logaritma

Prinsip
1.    Konversi bentuk pangkat ke dalam bentuk akar dan sebaliknya
2.    konversi bentuk pangkat ke dalam bentuk logaritma dan sebaliknya.


Prosedur
1.    Langkah-langkah mengubah bentuk pangkat ke dalam logaritma à
2.    Langkah-langkah mengubah bentuk pangkat ke dalam bentuk akar à

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran        : Scientific
Metode Pembelajaran              : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan


F.         Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.        Buku panduan matematika kelas X Jilid 1A  karangan Sukino
2.        Buku-buku penunjang dari perpustakaan

G.        Kegiatan Pembelajaran
    
Kegiatan
Deskripsi 
 Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan Pertama

Pendahuluan
1.    Guru memberikan gambaran tentang 
     pentingnya memahami konsep eksponen dan memberikan gambaran tentang aplikasi konsep eksponen (Inspirasi, halaman 5)
2.    Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menentukan banyak hal tentang penulisan bilangan pangkat misal tentang jarak antara bumi dan matahari dll
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4.    Guru menyampaikan kegunaan memahami konsep eksponen
5.    Guru membagi kelompok heterogen setiap kelompok 5 orang, serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

15 menit
Inti
Mengamati
1.    Masing-masing kelompok mengamati dan mencermati masalah kontekstual yang terkait pertumbuhan suatu bakteri dalam sebuah penelitian mikrobiologi yang membelah diri setiap satu jam
2.    Siswa memperhatikan jumlah bakteri

Menanya
Dari hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.

Mengeksplorasi
1.        Melalui pengamatan literatur, siswa melakukan eksplorasi tentang bentuk dan sifat-sifat eksponen
2.        Melalui latihan soal sederhana setiap kelompok menerapkan sifat-sifat ekponen dalam penyelesaian soal. (LKS 1 no. 6; LKS 2 no. 12; LKS 3 A no. 14, LKS 4 no. 16; LKS 5 no. 13; LKS 6 no.12)
Mengasosiasi
Melalui hasil eksplorasi setiap kelompok membuat kesimpulan sementara tentang sifat eksponen.
.
Mengomunikasikan
1.        Secara random dipilih beberapa kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengktitisi
2.        Guru memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa (Rangkuman, halaman 29)

100 menit








Penutup
1.      Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.      Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
3.      Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai penerapan eksponen (Evaluasi Kemampuan Analisis, halaman 17).
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.

65 menit
Pertemuan Kedua

Pendahuluan
1.    Sebagai apersepsi guru mengajak siswa untuk mengingat kembali konsep bentuk pangkat pada pertemuan sebelumnya.
2.    Untuk mendorong rasa ingin tahu siswa, guru memberikan beberapa soal yang terkait dengan bentuk akar.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan yang bersangkutan.

15 menit
Inti
Mengamati
1.    Siswa melakukan pengamatan literatur tentang bentuk akar (halaman 32)
2.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya.
3.    Guru mencatat poin-poin penting dari hasil presentasi siswa.

Menanya
Dari hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.

Mengeksplorasi
1.        Melalui pengamatan literatur, siswa melakukan eksplorasi terkait operasi bilangan bentuk akar.
2.        Melalui latihan soal siswa menerapkan aturan-aturan operasi bentuk akar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, menyederhanakan. (LKS 7 Halaman 36 & LKS 8 Halaman 40)

Mengasosiasi
1.          Melalui literatur siswa mencari soal-soal lain yang terkait bentuk akar.
2.          Melalui diskusi kelompok siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
3.          Masing-masing kelompok mengumpulkan hasil diskusi tentang sifat bentuk akar.

Mengomunikasikan
1.          Beberapa kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengkritisi.
2.          Guru memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa

100 menit








Penutup
1.     Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.     Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan hasil belajar.
3.     Guru menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan berikutnya.
4.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
65 menit
Pertemuan Ke tiga

Pendahuluan
1.    Sebagai apersepsi guru mengajak siswa untuk mengingat kembali konsep bentuk pangkat pada pertemuan sebelumnya.
2.    Untuk mendorong rasa ingin tahu siswa, guru memberikan beberapa soal yang terkait dengan merasionalkan penyebut. (LKS 14, no 1 & 4)
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan yang bersangkutan.

15 menit
Inti
Mengamati
1.    Siswa melakukan pengamatan literatur tentang bentuk pecahan yang harus dirasionalkan penyebutnya. (halaman 59)
2.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya.
3.    Guru mencatat poin-poin penting dari hasil presentasi siswa.

Menanya
Dari hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.

Mengeksplorasi
1.      Melalui pengamatan literatur, siswa melakukan eksplorasi terkait merasionalkan penyebut.
2.        Melalui latihan soal siswa menerapkan aturan-aturan merasionalkan penyebut

Mengasosiasi
1.          Melalui literatur siswa mencari soal-soal lain yang terkait merasionlakan penyebut (LKS 14 B no. 1, 4, 5)
2.          Melalui diskusi kelompok siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
3.          Masing-masing kelompok mengumpilkan hasil diskusi

Mengomunikasikan
1.          Beberapa kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengkritisi.
2.          Guru memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa

100 menit








Penutup
1.      Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.     Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan hasil belajar.
3.     Guru menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan berikutnya.
4.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
65 menit
Pertemuan Ke Empat

Pendahuluan
1.    Sebagai apersepsi guru mengajak siswa untuk mengingat kembali konsep bentuk pangkat pada pertemuan sebelumnya.
2.    Untuk mendorong rasa ingin tahu siswa, guru memberikan beberapa soal yang terkait dengan logaritma. (LKS 15 no. 1 & 2)
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan yang bersangkutan.

15 menit
Inti
Mengamati
1.    Siswa melakukan pengamatan literatur tentang logaritma. (halaman 67)
2.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya.
3.    Guru mencatat poin-poin penting dari hasil presentasi siswa.

Menanya
Dari hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.

Mengeksplorasi
1.    Melalui pengamatan literatur, siswa melakukan eksplorasi terkait sifat logaritma.
2.    Melalui latihan soal siswa menerapkan sifat logaritma

Mengasosiasi
1.     Melalui literatur siswa mencari soal-soal lain yang operasi logaritma (LKS 16 B no. 1, 2, 8)
2.     Melalui diskusi kelompok siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
3.     Masing-masing kelompok mengumpulkan hasil diskusi

Mengomunikasikan
1.    Beberapa kelompok dimintamempresentasikan hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengkritisi.
2.    Guru memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa

100 menit








Penutup
1.    Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.    Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan hasil belajar.
3.    Guru menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan berikutnya.
4.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
65 menit


H.    Penilaian
·   Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu Penilaian sikap,  pengetahuan dan keterampilan.

I.         Instrumen Penilaian hasil Belajar
1.        Penilaian Sikap                 :  Observasi
2.        Penilaian Pengetahuan      :  Penugasan
3.        Penilaian Ketrampilan       : Portofolio


1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian  Observasi

Satuan Pendidikan       : SMA
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/ Semester           : X / 1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan      : Pada saat Pelaksanaan pembelajaran.
Kompetensi dasar             :2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
                                                 Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
                                                 Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan  
                                                 Strategi  menyelesaikan masalah.
Indikator                      : 1. Aktif
                                      2. Kerjasama
                                      3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.  Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yangberbeda dan kreatif.
2.   Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.  Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.    Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

2. LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan

Satuan Pendidikan       :    SMA
Mata Pelajaran             :    Matematika
Kelas                           :    X
Kompetensi dasar
4.1:      Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

·      Selesaikan soal-soal LKS 1.B no. 8d, 9e, 10b; LKS 1.C no. 2; LKS 2B no. 6; LKS 3.C no. 1; LKS 4.C no. 1; LKS 5.B no. 2; LKS 6.C no. 3; RUKO 1.B no.7,8;

·      Selesaikan soal-soal LKS 7.B 5a; LKS 8.B no.10; LKS 9.B no. 5a; LKS 10 no.5a; LKS 11.C no.1a; LKS 12.B no.5b; LKS 13.C no.3a; LKS 14.C no. 1a; RUKO 2.C no. 6;

·      Selesaikan soal-soal LKS 15.B no.1d, 2d, 3d; LKS 16.B no.8; LKS 17.C no. 1; LKS 18.B no.9; RUKO 3.B no. 7, 9.


3.      PENILAIAN KETERAMPILAN
Penilaian Portofolio


SatuanPendidikan     : SMA
Mata Pelajaran          : Matematika (Wajib)
Kelas/Semester         : X /1

Kompetensi dasar       : 4.1 Menyajikan masalah nyata mengunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

Indikator                   : 1.          Siswa dapat mengumpulkan data hasil pengamatan tentang peristiwa/kejadian di lingkungan sekitar (suku bunga majemuk suatu bank)
                                           2.Siswa dapat mengumpulkan data menggunakan kuesioner/isian tentang jumlah
         
Tujuan Portofolio     :Memantau perkembangan kemampuan, keterampilan, dan komunikasi            matematika








0 komentar:

Posting Komentar

      Hasil karya siswa jika anda berminat        hubungi kami       Harga mulai Rp 25.000       di nomor 081575419293