RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester :
X/1
Materi
Pokok : Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
Waktu : 16 × 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator :
1.1.
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.1
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan
3.1.
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristikpermasalahan yang akan
diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
3.1.1.
Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
3.1.2.
Mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat
positif, dan sebaliknya.
3.1.3.
Melakukan operasi aljabar bentuk pangkat
3.1.4.
Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya
3.1.5.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
3.1.6.
Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
3.1.7.
Mengubah bentuk pangkat kedalam bentuk logaritma
3.1.8.
Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya
menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
4.11.
Menggunakan sifat-sifat logaritma dalam menyelesaikan
persamaan logaritma
4.12.
Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan
eksponen dan logaritma) dengan bilangan pokok yang sama.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan
kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.
Memilih dan
menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
2.
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya.
D. Materi
Pembelajaran :
Materi
Pokok : Eksponen, Bentuk Akar dan
Logaritma
Materi
Prasyarat : Himpunan Bilangan dan
Bilangan Berpangkat.
Fakta
1.
Masalah
kontekstual yg berkaitan
dengan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma (Jarak antar planet,
kecepatan cahaya, pembelahan diri suatu bakteri,dll)
2.
Notasi
penulisan tentang bilangan berpangkat
3.
Notasi
penulisan tentang bilangan bentuk akar
4.
Notasi
penulisan tentang bilangan logaritma
Konsep
1.
Sifat-sifat
operasi bilangan pangkat
2.
Sifat-sifat
operasi bilangan akar
3.
Sifat-sifat operasi bilangan logaritma
Prinsip
1.
Konversi bentuk pangkat ke dalam
bentuk akar dan sebaliknya
2.
konversi bentuk pangkat ke dalam
bentuk logaritma dan sebaliknya.
Prosedur
1.
Langkah-langkah mengubah bentuk
pangkat ke dalam logaritma à
2.
Langkah-langkah mengubah bentuk
pangkat ke dalam bentuk akar à
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Scientific
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F.
Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.
Buku
panduan matematika kelas X Jilid 1A karangan
Sukino
2.
Buku-buku
penunjang dari perpustakaan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan Pertama
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan gambaran tentang
pentingnya memahami konsep eksponen dan memberikan gambaran tentang aplikasi konsep eksponen (Inspirasi, halaman 5)
2.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak
memecahkan masalah mengenai bagaimana menentukan banyak hal tentang penulisan
bilangan pangkat misal tentang jarak antara bumi dan matahari dll
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4.
Guru
menyampaikan kegunaan memahami konsep eksponen
5.
Guru
membagi kelompok heterogen setiap kelompok 5 orang, serta meminta siswa
berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Masing-masing kelompok mengamati dan mencermati
masalah kontekstual yang terkait pertumbuhan
suatu bakteri dalam sebuah penelitian mikrobiologi yang membelah diri setiap
satu jam
2. Siswa memperhatikan jumlah bakteri
Menanya
Dari
hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar
pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.
Mengeksplorasi
1.
Melalui pengamatan literatur,
siswa melakukan eksplorasi tentang bentuk dan sifat-sifat eksponen
2.
Melalui latihan soal sederhana
setiap kelompok menerapkan sifat-sifat ekponen dalam penyelesaian soal. (LKS 1 no. 6; LKS 2 no. 12; LKS 3 A no. 14, LKS 4 no.
16; LKS 5 no. 13; LKS 6 no.12)
Mengasosiasi
Melalui hasil eksplorasi setiap
kelompok membuat kesimpulan sementara
tentang sifat eksponen.
.
Mengomunikasikan
1.
Secara
random dipilih beberapa kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka,
sementara kelompok lain mengktitisi
2.
Guru
memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa (Rangkuman, halaman 29)
|
100
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.
Guru
memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil
belajar.
3.
Guru
memberikan tugas beberapa soal mengenai penerapan eksponen (Evaluasi
Kemampuan Analisis, halaman 17).
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan
salam.
|
65
menit
|
Pertemuan
Kedua
|
||
Pendahuluan
|
1.
Sebagai
apersepsi guru mengajak siswa untuk mengingat kembali konsep bentuk pangkat
pada pertemuan sebelumnya.
2.
Untuk
mendorong rasa ingin tahu siswa, guru memberikan beberapa soal yang terkait
dengan bentuk akar.
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan yang
bersangkutan.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa melakukan pengamatan literatur tentang
bentuk akar (halaman 32)
2. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
pengamatannya.
3. Guru mencatat poin-poin penting dari hasil
presentasi siswa.
Menanya
Dari
hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar
pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.
Mengeksplorasi
1.
Melalui pengamatan literatur,
siswa melakukan eksplorasi terkait operasi bilangan bentuk akar.
2.
Melalui latihan soal siswa
menerapkan aturan-aturan operasi bentuk akar seperti penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, menyederhanakan. (LKS 7 Halaman 36 & LKS 8 Halaman 40)
Mengasosiasi
1.
Melalui
literatur siswa mencari soal-soal lain yang terkait bentuk akar.
2.
Melalui
diskusi kelompok siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
3.
Masing-masing
kelompok mengumpulkan hasil diskusi tentang sifat bentuk akar.
Mengomunikasikan
1.
Beberapa
kelompok diminta mempresentasikan
hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengkritisi.
2.
Guru
memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa
|
100
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.
Guru
memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan hasil belajar.
3.
Guru
menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan berikutnya.
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan
salam.
|
65
menit
|
Pertemuan
Ke tiga
|
||
Pendahuluan
|
1.
Sebagai
apersepsi guru mengajak siswa untuk mengingat kembali konsep bentuk pangkat
pada pertemuan sebelumnya.
2.
Untuk
mendorong rasa ingin tahu siswa, guru memberikan beberapa soal yang terkait
dengan merasionalkan penyebut. (LKS 14, no 1 & 4)
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan yang
bersangkutan.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa melakukan pengamatan literatur tentang bentuk
pecahan yang harus dirasionalkan penyebutnya. (halaman 59)
2. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
pengamatannya.
3. Guru mencatat poin-poin penting dari hasil
presentasi siswa.
Menanya
Dari
hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar
pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.
Mengeksplorasi
1. Melalui pengamatan literatur, siswa melakukan eksplorasi
terkait merasionalkan penyebut.
2.
Melalui latihan soal siswa
menerapkan aturan-aturan merasionalkan penyebut
Mengasosiasi
1.
Melalui
literatur siswa mencari soal-soal lain yang terkait merasionlakan penyebut (LKS 14 B
no. 1, 4, 5)
2.
Melalui
diskusi kelompok siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
3.
Masing-masing
kelompok mengumpilkan hasil diskusi
Mengomunikasikan
1.
Beberapa
kelompok diminta mempresentasikan
hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengkritisi.
2.
Guru
memberi penegasan terhadap kesimpulan siswa
|
100
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.
Guru
memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan hasil belajar.
3.
Guru
menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan berikutnya.
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan
salam.
|
65
menit
|
Pertemuan
Ke Empat
|
||
Pendahuluan
|
1.
Sebagai
apersepsi guru mengajak siswa untuk mengingat kembali konsep bentuk pangkat
pada pertemuan sebelumnya.
2.
Untuk
mendorong rasa ingin tahu siswa, guru memberikan beberapa soal yang terkait
dengan logaritma. (LKS 15 no. 1 & 2)
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan yang
bersangkutan.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa melakukan pengamatan literatur tentang logaritma. (halaman 67)
2. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
pengamatannya.
3. Guru mencatat poin-poin penting dari hasil
presentasi siswa.
Menanya
Dari
hasil pengamatan yang dilakukan, secara berkelompok siswa menyusun daftar
pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.
Mengeksplorasi
1. Melalui pengamatan literatur, siswa melakukan eksplorasi
terkait sifat logaritma.
2. Melalui latihan soal siswa menerapkan sifat logaritma
Mengasosiasi
1. Melalui literatur
siswa mencari soal-soal lain yang operasi logaritma (LKS 16 B no. 1, 2, 8)
2. Melalui diskusi
kelompok siswa menyelesaikan soal-soal tersebut.
3. Masing-masing
kelompok mengumpulkan hasil diskusi
Mengomunikasikan
1. Beberapa kelompok dimintamempresentasikan
hasil diskusi mereka, sementara kelompok lain mengkritisi.
2. Guru memberi
penegasan terhadap kesimpulan siswa
|
100
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
2.
Guru
memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan hasil belajar.
3.
Guru
menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan berikutnya.
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan
salam.
|
65
menit
|
H.
Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan
pembelajaran yaitu Penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan.
I.
Instrumen Penilaian
hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap :
Observasi
2.
Penilaian Pengetahuan :
Penugasan
3.
Penilaian Ketrampilan : Portofolio
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan
pembelajaran.
Kompetensi dasar :2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan masalah.
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan masalah.
Indikator :
1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yangberbeda dan kreatif.
2. Cukup jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3. Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
2.
LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas : X
Kompetensi dasar
4.1: Menyajikan masalah
nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen dan
logaritma serta menyelesaikannya menggunakan
sifat-
sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya.
·
Selesaikan
soal-soal LKS 1.B no. 8d, 9e, 10b; LKS 1.C no. 2; LKS 2B no. 6; LKS 3.C no. 1; LKS
4.C no. 1; LKS 5.B no. 2; LKS 6.C no. 3; RUKO 1.B no.7,8;
·
Selesaikan
soal-soal LKS 7.B 5a; LKS 8.B no.10; LKS 9.B no. 5a; LKS 10 no.5a; LKS 11.C no.1a;
LKS 12.B no.5b; LKS 13.C no.3a; LKS 14.C no. 1a; RUKO 2.C no. 6;
·
Selesaikan
soal-soal LKS 15.B no.1d, 2d, 3d; LKS 16.B no.8; LKS 17.C no. 1; LKS 18.B no.9; RUKO
3.B no. 7, 9.
3.
PENILAIAN
KETERAMPILAN
Penilaian Portofolio
SatuanPendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Matematika (Wajib)
Kelas/Semester : X /1
Kompetensi dasar : 4.1 Menyajikan masalah nyata mengunakan
operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya
menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
Indikator : 1. Siswa dapat mengumpulkan data hasil
pengamatan tentang peristiwa/kejadian di lingkungan sekitar (suku bunga majemuk
suatu bank)
2.Siswa
dapat mengumpulkan data menggunakan kuesioner/isian tentang jumlah
Tujuan Portofolio :Memantau perkembangan
kemampuan, keterampilan, dan komunikasi matematika
0 komentar:
Posting Komentar