Senin, 02 Juli 2018

RPP Matematika Kelas 10 Wajib Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                        : SMA N
Kelas/Semester        : X/2
Mata Pelajaran          : Matematika-Wajib
Topik                            : Limit Fungsi
Waktu                          : 1 x 2 jam pelajaran
Tahun Ajaran            : 2013/2014


A.     Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian kompetensi
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki motivasi internal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan  sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan      menerapkan   strategi menyelesaikan masalah.
3.19 Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan contoh-contoh
Indikator : 
3.19.1   Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar
4.16 Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam menyelesaikan masalah nyata tentang  limit fungsi Aljabar.
       Indikator :
4.16.1  Menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi


C.      Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran limit fungsi aljabari diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.    Menjelaskan kembali pengertian limit fungsi aljabar.
2. Menggunakan teorema limit untuk menyelesaikan bentuk tak tentu dengan   menggunakan pedoman operasi aljabar yang  benar  dengan tepat, sistematis,
3.  Menggunakan strategi yang tepat untuk menyelesaikan berbagai bentuk persoalan limit fungsi aljabar secara tepat dan kreatif.

D.     Materi Matematika
Apersepsi :
              1.      Konsep limit fungsi aljabar
2.      Limit fungsi aljabar
3.      Penyelesaian limit fungsi aljabar
3.1.   Cara substitusi langsung
3.2.   Cara Pemfaktoran
3.3.   Cara mengalikan dengan sekawannya

      Teorema Limit
a.       Jika f(x) = k, maka k = k
(untuk setiap k, konstanta dan a bilangan real)
b.      Jika f(x) = x, maka  x = a
(untuk setiap a bilangan real)
Ø        { f(x) + g(x) } =  f(x) +  g(x)
Ø        { f(x) - g(x) } =  f(x) -  g(x)
c.       Jika k suatu konstanta, maka  k . f (x)  =  k .  f (x)
d.      a)    { f (x) . g (x) }  =  {  f (x)} . {  g (x)}

E.      Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Metode Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning). 
F.      Alat/Media/Sumber Pembelajaran

1.      Buku pegangan siswa/guru dari Kemendikbud RI
2.      Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3.      Lembar penilaian 
4.      Kalkulator Casio fx 570ES atau fx 991 ( jika ada )

G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami limit dan memberikan gambaran tentang aplikasi limit untuk menguasai hitung deferensial.
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menentukan tinggi maksimum suatu roket setelah ditembakkan  . (tidak terpecahkan bila menggunakan perhitungan manual).
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas aplikasi konsep limit untuk memecahkan masalah yang lebih luas (Teknik, Ekonomi, Bisnis,IPA dll)
10 menit
Inti
1.      Guru mengingatkan kembali pada pengertian fungsi domain, kodomain dan range (materi SMP),
2.      Guru menginformasikan  beberapa tabel nilai fungsi aljabar (buku siswa hal (130-140) melibatkan siswa, shg siswa mengamati
3.      Guru membentuk kelompok siswa tdr 4 anggota
4.      Kelompok  saling menukarkan hasil pekerjaannya, selanjutnya membaca dan memberi makna yang ia baca.
5.      Guru menyampaikan Worksheet1 fungsi aljabar sederhana , dalam selang tertentu dan interval tertentu, untuk  didiskusi untuk melengkapi tabel., selajutnya kelompok mempresentasikan dan ditanggapi kelompok lain.dengan tanya jawab, siswa diyakinkan telah menguasai sifat-sifat limit fungsi
6.      Guru menyampaikan Worksheet 2  .untuk didiskusikan dalam kelompok, selanjutnya kelompok menyampaikan hasilnya untuk ditanggapi kelompok lain
7.      Tiap kelompok menyimpulkan sifat-sifat limit fungsi aljabar
8.      Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan memotivasi semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
9.      Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
10.  Siswa kembali ketempat duduk semula untuk menyelsaikan 3 soal secara individu yang disampaikan guru dan dikumpulkan untuk refleksi bagi guru.

70 menit
Penutup
1.      Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan sifat-sifat limit fungsi.
2.      Guru memberikan PR beberapa soal limit fungsi aljabar dari buku siswa
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dgn pesan untuk tetap belajar materi  kelanjutanya
10 menit

H.    Penilaian Hasil Belajar

a.       Jenis Penilaian adalah penilaian autentik.
b.      Teknik Penilaian: melalui pengamatan dan tes tertulis
c.       Bentuk dan instrumen penilaian (terlampir)
    1. Prosedur Penskoran (terlampir)


Mengetahui                                                             
Kepala Sekolah                                Guru Mata Pelajaran








No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat secara aktif  selama pembelajaran
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali pengertian limit fungsi aljabar secara intuitif secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
b.      Menggunakan teorema limit fungsi aljabar  untuk menyelesaikan bentuk tak tentu dengan menggunakan pedoman operasi aljabar yang  benar  dengan tepat, sistematis,dan kreatif.

Pengamatan proses dan penyelenggaraan tes

Penyelesaian tugas individu

3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan limiti fungsi aljabar

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) pada saat diskusi maupun mengukur kemampuan pengetahuan siswa



0 komentar:

Posting Komentar

      Hasil karya siswa jika anda berminat        hubungi kami       Harga mulai Rp 25.000       di nomor 081575419293